Safari Ramadhan 1444 H : Petualangan dimulai!

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, hai teman baik apa kabar? :) 
Alhamdulillah kita sudah memasuki Bulan Ramadhan 1444 H, selamat menjalankan ibadah di bulan penuh berkah ini ya!

Ramadhan tahun ini saya berdua saja dengan suami, anak lanang ikut mudik duluan bareng simbah nya ke Jogja. Anakku dari awal antusias sekali karena mau ke Jogja ketemu banyak saudara di sana. Bahkan dari jauh hari sudah dikasih tau akan pulang duluan sama simbah dan beli tiket pun dia ikut. Tapi kemarin Sabtu, 18 Maret 2023 saat kubangunkan untuk bergegas mandi karena akan diantar naik bus, dia malah males-malesan dan merengek minta sama ibuk dan ayah saja. Yaa Allah, perih sekali rasanya, sedih, tapi tiket sudah terlanjur dibeli dan waktu sudah mepet kalau mau ganti rencana. Akhirnya sampai lah kami di Pool Bis Gunung Harta di Jl. Cokroaminoto, Ubung, Denpasar. Di sana aku dan anakku nangis, dia memelukku erat, dia juga sempat marah menggigit tanganku, aku biarkan aku ga marah, karena aku rasa dia hanya mengungkapkan perasaannya saja bukan bermaksud ingin menyakitiku. Namun tetap kukasih tau, kalau mengigit itu membuat luka.

Kuantar anakku dan ibukku naik bus. Dia sudah duduk di bangku bis, kupilihkan yang paling depan sesuai booking bangkunya. Kami berpelukan dan lagi-lagi saya nangis. Ringkas cerita, Alhamdulillah, ibukku mengabarkan kalau anakku aman di bis, gak rewel dan sangat kooperatif. Ya, seperti tahun sebelumnya, dia sangat menikmati perjalanan. Perjalanan yang panjang Denpasar - Jogja dengan jalur darat-laut, alhamdulillah dapat dilalui tanpa mabuk perjalanan, rewel dan selamat sehat sampai di rumah Jogja.
Aku yang mengantar dengan naik motor, selama perjalanan balik ke kos, nangis sejadinya. Ada rasa bersalah harus berpisah dengan anak. Ditambah, sekarang menyesal karena seminggu ini banyak hari libur yang harusnya bisa kumanfaatkan untuk pulang kampung bersama anakku malah tidak kumanfaatkan. Jadinya, biar aku gak terlalu sedih, aku gunakan waktu berdua dengan suami ini untuk quality time ibadah dan jalan-jalan berdua. Seperti malam lalu, kita jalan-jalan ke Pantai Kuta, lalu malam selanjutnya melihat pawai ogoh-ogoh di perjalanan, dan mampir di Musholla Al- Qomar Jl. Pura Demak Denpasar untuk sholat maghrib. 
Rencana kami berdua, kami akan mencoba jalan-jalan berkeliling untuk sholat tarawih di beberapa masjid/mushola yang ada di Denpasar, insyallah semoga bukan sekedar rencana belaka yaa :)

Comments

Popular Posts