Aroma Hari Libur yang Kurindu

Aroma libur akhir tahun sudah terasa, ahhhh rindu sekali rasanya! Padahal sehari-hari aku di rumah aja, tapi justru itu sih yang bikin kangen perasaan excited mendekati hari libur. Dulu waktu masih sekolah, kuliah dan kerja, akhir tahun begini jadi momen yang ditunggu, saat dimana setelah sholat subuh bisa santai-santai tanpa buru-buru mandi, bisa menikmati sarapan dengan tenang, dan yang selalu terkenang bikin kangen yaitu ibuk masak makanan favorit atau kita  jajan rame-rame, lalu dinikmati bersama keluarga sambil ngobrol atau nonton Home Alone di tv. Yup, sesederhana itu lah kerinduanku akan hari libur.

Kalau mendekati hari libur gini aku sering dilema, antara pengen jalan-jalan refreshing atau di rumah aja menikmati waktu luang. Kalau pilih jalan-jalan, pikiran jadi seger, puas menikmati waktu libur, punya stok foto bagus untuk dilihat-lihat kalau lagi kangen jalan-jalan, dapet pengalaman yang belum tentu didapat di lain waktu, serta dapet capeknya juga diperjalanan karena biasanya aku yang mengendarai motor. Atau kalau pilih di rumah aja, sudah pasti bisa santai, makan banyak jajanan, ngobrol seru bersama keluarga, dan yang pasti gak cape, cuma kita jadi gak dapet pengalaman jalan-jalanya, stok foto ya itu-itu aja. 

Sama seperti hari biasanya, weekdays sibuk sekolah, kuliah atau kerja lalu berencana weekend nanti mau main, entah ke mana ke luar rumah namun pada akhirnya tetep di rumah aja karena saking males nya keluar, kepikiran macet, capek di jalan, dan budget terbatas. Hahahaha

Sekarang pun juga ku alami, dulu saat masih di Jogja berencana ingin liburan di Bali. Tapi rencana itu kepentok dengan harga tiket yang mahal di musim liburan. Nah, sekarang begitu bisa tinggal di Bali perginya cuma ke situ-situ aja, dan malah pengen balik Jogja aja. Lucu memang.

Seperti itulah dilema anak rumahan macam aku gini. Terlebih sekarang ada anak yang kalau mau piknik harus mikir bawaan makin banyak. Hahahaha..

Temenku pernah tanya, "Kamu tinggal di Bali enak ya? Kayak piknik terus gitu gak?" Lalu kujawab, "Setelah di sini, aku merasakan biasa aja, justru malah aku pengen piknik ke Jogja aja." Dia pun heran padahal Bali menjadi tempat wisata yang paling dituju, kenapa justru yang di Bali malah merasa biasa aja. Hahahaha.. yaa sama lah dengan pandangan ketika aku masih berada di Jogja dulu, beranggapan bahwa kalau di Bali rasanya liburan terus. Tapi ternyata ya sama aja. Sesungguhnya kamu bisa memaknai liburan itu bukan karena jalan-jalan di mana, tapi lenih kepada perasaan santai, istirahat sejenak, atau bermalasan setelah kamu sibuk seharian dengan sekolah, kuliah, kerja, atau rutinitas lainnya. Kalau kamu bisa lepas dari rutinitasmu, meskipun kamu cuma jalan-jalan di pasar malam misalnya, itu sudah liburan menurutku. Jadi, tinggal kita memaknai liburan yang bagaimana dan cara kita bersyukur.

FYI setelah menikah, terutama sudah punya anak, jauh dari keluarga, ternyata ibu rumah tangga itu tidak mengenal hari libur. Pantesan pas aku lahiran orang-orang pada bilang, "Sik sabar dan kuat yaa..". Ternyata ini maksudnya, "Ibu rumah tangga tidak mengenal hari libur".

Sampai saat ini belum ada agenda mau ke mana liburan akhir tahun ini dan awal tahun nanti. Jatah cuti suami sudah habis dan beliau ada jadwal masuk kerja meskipun hari libur, jadilah aku tidak berharap berlebih untuk hari liburku. Tak apa, selama anakku tidak rewel dan kami tetap bahagia meskipun di rumah aja. Alhamdulillah, semoga kesehatan, keselematan, dan kebahagiaan selalu menyelimuti kami, keluarga kami.

Comments

Popular Posts