Tugu Jogja dan Kami

Selepas ijab qobul ditunaikan, resmi sudah aku sebagai istri dari seorang teman sekelasku di SMK. Lucu sih, kalau mengingat kepolosan kami dulu, dan sekarang menjadi suami istri. Tugu Jogja, untuk pertama kalinya malam itu aku jalan-jalan dan berfoto di dekatnya. Sejak lahir, belum pernah rasanya menyengaja jalan-jalan dan foto di dekat Tugu Jogja ini. Dulu pernah sempat foto di dekat Tugu karena selepas jalan-jalan dari Malioboro. Nah, malam itu aku dan suami secara khusus jalan-jalan di sana. Sebenernya aku merasa norak sih, bayangin aja deh ngapain malem-malem duduk-duduk dan foto di deket Tugu gitu. Bahaya juga kan karena lalu lintas padat. Tapi karena ajakan suamiku akhirnya aku mau aja, dan cukup lama di sana kita cerita, foto-foto, dan tentu saja melihat orang-orang juga melakukan hal sama dengan apa yang kami lakukan. Intinya kami nggak sendirian.

Sebenernya untuk menikmati suasana Tugu Jogja gak harus kok berfoto di bawah tugunya persis karena kita bisa menikmati dari cafe, angkringan, atau hotel di sekitar Tugu Jogja. Saat kami ke sana tahun 2018 awal, pemandangan dengan latar belakang Tugu Jogja bisa dinikmati dari Honje Resto (@honjeresto) di barat daya Tugu Jogja. Nah, sekarang tahun 2019 ini ternyata ada cafe baru yang bisa juga dinikmati untuk menangkap momen bersama pasangan dengan latar belakang tugu yaitu di sebelah barat laut Tugu Jogja ada namanya Kebon Ndhalem Coffee & Eatery. Cafe ini termasuk baru yang dibangun akhir Mei 2019 (sumber : akun instagram @kebonndalem.yk).


Cafe ini masih jadi bucket list kami sih untuk dikunjungi kelak. Kalau jajannya takut kemahalan, bisa juga tuh mampir diangkringan sisi timur laut Tugu Jogja. Tugu Jogja selalu rame loh di malam hari karena kelihatan klasik menarik gitu untuk berfoto. Namun, sayangnya banyaknya kabel yang melintas di sekitar bangunan tugu ini menjadikan pemandangan Tugu Jogja kurang menarik menurutku. Tapi ya lagi-lagi, icon Jogja gitu loh sayang banget kalau di lewatkan. Oh ya soal cafe yang baru ini mungkin bisa reservasi dulu sebelum dateng karena semakin malam ramai banget.

Kalau kalian berencana jalan-jalan di Jogja dan ingin wisata kuliner, coba deh telusuri kawasan Maliboro ke utara sampai Jalan Monjali, sekarang sudah banyak sekali warung, cafe, resto, atau sekedar jajanan kaki lima yang enak, murah dan patut dicoba.

Comments

Popular Posts