Institut IP : Petualangan Wahana Banana Boat

Selama menikmati Wahana Banana Boat di Pantai Harmoni sejak beberapa hari lalu, aku belajar banyak tentang aturan atau COC (Code of Conduct) di dalam berkomunitas yang dipandu oleh Ratna Palupi. COC adalah pedoman perilaku bermartabat, disepakati, dipahami, dan menjadi komitmen bersama. Tujuan COC dalam Institut IP sendiri antara lain ada tujuan normatif - menjadi pedoman perilaku bermartabat (tata tertib di IP), mencegah terjadinya pelanggaran, dan untuk kuratif (menyelesaikan tantangan-tantangan yang muncul selama berkomunitas).

Dalam COC Institut IP terdapat istilah Konsekuensi (stimulus - berpikir- respon), jadi sebagai seorang ibu harus bisa mengolah rasa dan mengolah pikiran, dengan adanya konsekunsi kita akan belajar bertanggung jawab. Istilah hukuman ditadakan karena Hukuman (stimulus - respon), tidak ada proses berpikir sehingga bisa saja patuh tapi karena ketakutan bukan karena merasa bertanggung jawab.

Tiga pedoman Institut IP : Berperilaku bermartabat, adab berbagi dan melayani, serta integritas tinggi.

  • Berperilaku bermartabat yaitu mempunyai adab yang baik (ikhlas dan mau membersihkan jiwa dari hal-hal buruk. Contohnya suudzon/berprasangka buruk).
  • Selalu bergegas (ontime).
  • Menghindari sikap merasa lebih tahu.
  • Mentutaskan ilmu secara berulang-ulang.



#PetualanganWahanaBananaboat
#MisiPetualangan2
#WisatawanHotelBahagia
#TranscityHarmoni
#institutIbuProfesional

Comments

Popular Posts