Persiapan Menentukan Sekolah Pilihan (Bagian 2)

Bismillah, kembali lagi ke bahasan kita. Saya lanjutkan ya..
Tiga, jarak dan rute dengan rumah atau tempat kerja kami. Ini menjadi kriteria selanjutnya, agar hemat waktu dan kami bisa tetap bisa hadir kapan saja ketika diperlukan di sekolah. Oh ya, kami juga mengatur agar saat mengantar pagi hari adalah tanggung jawab suami dan menjemput sore hari adalah tanggung jawab saya. Alhamdulillah, hal ini sangat efektif untuk kami berdua.
Empat, sekolah berbasis sunnah menjadi salah satu kriteria pilihan sekolah. Selain karena ingin memberikan arah yang benar untuk anak, kami tentu saja sebagai pemegang kompas penunjuk arah harus belajar juga. Jadi kami berharap sekolah sunnah dapat memberikan guideline yang baik untuk kami dalam pengasuhan dan membangun ukhuwah di rantau.

Lima, kurikulum yang ditawarkan. Ini sebenarnya cukup umum ya rata-rata sekolah pasti menawarkan kurikulum dan enam, fasilitas sekolah. Kurikulum dan fasilitas sekolah saya harap bisa melengkapi kurikulum dan fasilitas kami di rumah. Guru yang mampu medidik, menjadi teladan dan juga teman termasuk di sini.

Terakhir, soal biaya ini cukup bikin dilema karena ibaratnya kita akan investasi, maka harapannya akan dapat apa yang kita mau kan. Nah, pilihannya banyak dan biayanya pun beragam. Alhamdulillah sejak dulu kami sudah mengalokasikan dana untuk pendidikan anak, jadi memang sudah siap berapapun biayanya. Aku selalu ingat prinsip yang ibukku pegang, "Kalau kita sudah komitmen untuk pendidikan anak, yaudah diniatin, usaha yang bener, didahulukan. Insyallah kalau kita ikhlas, anak juga akan tenang belajarnya, ilmunya mudah masuk, rejeki pasti ada." Jadi ya, bismillah untuk dana bukan kendala insyallah.
Nah, itu tadi tujuh kriteri kami dalam menentukan sekolah. Jujur saja kriteria ini dulunya berubah-ubah, ada saat kriteria sekolah sunnah jadi opsi ke lima atau ke enam karena sebenarnya kita tahu sekolah itu beneran mengajarkan sunnah atau hanya sekedar embel-embel nama berbasis sunnah saja. Ini pun ada tips nya loh untuk mencari tahu, tulisan selanjutnya insyallah akan dibahas tips seputar sekolah. Oh ya, tulisan ini bersifat opini pribadi ya, kami sampaikan di awal sebagai batasan ketika nanti kami membahas profil sekolah-sekolah yang telah disurvei. Semoga berkenan ya bahasan singkat ini. Sampai jumpa :)

Comments

Popular Posts