Semoga Dihitung sebagai Amal Kebaikan

Masyallah anakku kemarin belajar puasanya dari pagi sampai jam 11.30 an, dia nggak sahur semalam namun masih bisa dialihkan karena ada teman yang main sama dia. Kalau hari sekolah insyallah kuat puasanya sampai jam 12.00 an lebih bahkan tanpa minum juga. Tapi kalau di rumah tantangannya beda karena semua tersedia dekat dengan dia, juga dia bisa mengambil semuanya sendiri. Hanif lalu membatalkan puasa dengan minum susu dan mencoba makan kurma bareng temannya juga. Ramadhan kali ini dia dengan sendirinya mencoba makan kurma, sepertinya karena dia diberi tahu oleh guru dan temannya kalau makan kurma itu mendapat pahala dan seperti Rasulullah. "Ibu bener ya makan kurma itu baik, seperti Rasulullah dan dapat pahala?"
"Iya, betul Nif.", jawabku antusias, "Seperti Rasulullah suka dengan makan kurma, sunnah Nif, kalau kita mengikuti apa yang Rasulullah lakukan insyallah kita dapat pahala, berkah dari Allah."
"Oh gitu ya?", kemudian dia lanjut main sama temannya, "ibuk aku mau berbagi kurma boleh? Tadi Fatih mau kasih aku kurma, jadi gantian buk."
"Iya boleh, sini ibuk buka dulu bungkusnya." Kemudian dia menenteng sewadah kurma di depan pintu dan makan bersama temannya. Aku dengar sayup-sayup mereka berbicara tengang minum susu dan air dicampur kurma.
"Ibuk, air dan kurma itu enak po buk?"
"Iya, nanti jadi air nabeez namanya."
"Apa itu?"
"Ya itu air kurma Nif, enak. Bergizi banyak nutrisinya."
Masyallah, aku terharu mendengarnya. Mereka bercakap-cakap membahas tentang kurma. Ternyata teman itu memang berpengaruh ya.
Hanif juga mau kumintai tolong untuk membelikan pengharum dan pelembut pakaian ke warung tetangga. Dia dengan semangat membelikan dan mengembalikan sisa uangnya. Masyallah.

Sore hari kami berjalan ke bazzar kuliner di kampung jawa dekat Masjid Baiturrahman, Denpasar. Kami membeli dagangan yang dijual bu guru Hanif di TPA yang punya stand dagangan di sana. Lalu setelah buka puasa, Hanif juga mau hafalan dan belajar sholat. Semoga Hanif istiqomah dan antusias dengan belajarnya.

Ramadhan kali ini sangat berkesan karena kami mendapat banyak sekali pelajar berharga dan banyak kenangan berkesan. Semoga semua yang kami lakukan dihitung sebagai amal kebaikan. Aamiin. Alhamdulillah, terima kasih ya Allah.

Fotonya tidak nyambung gak apa kan ya? Haha itu foto saat jalan-jalan pagi minggu lalu. 

Comments

Popular Posts